Minggu, 19 Desember 2010

prinsi rekam magnetik

Prinsip timbal balik yang sering digunakan dalam teori rekaman magnetik umum sehingga berlaku dalam kondisi agak umum, yang paling mendasar yang mengharuskan linieritas bahan berkenaan dengan sifat-sifat listrik dan magnetik. Prinsip timbal balik umum adalah diturunkan dari persamaan Maxwell dan disajikan dalam dua bentuk yang mengandung tegangan sirkit terbuka dan sirkuit-pendek saat ini, masing-masing, kepala magnetik reproduksi. Bentuk-bentuk akrab dari prinsip, yang saat ini digunakan dalam kasus respon impuls dan respon harmonik kepala reproduksi, diperoleh sebagai spesialisasi dari prinsip umum.
Hard Disk Drive Data Storage - Mengapa Gunakan Magnetic?
Setiap magnet memiliki “Utara” dan “Selatan” tiang, dan tidak ada kondisi stabil di antara keduanya. Ini berarti bahwa magnet cocok untuk digunakan untuk menyimpan bilangan biner, dengan “Utara” mewakili “0″, dan “Selatan” mewakili “1″. Hard disk drive menggunakan metode ini untuk menyimpan data. penyimpanan magnetik sangat stabil dibandingkan dengan metode lainnya, karena magnet, sekali ditetapkan, akan tinggal di orientasi di mana mereka diatur, kecuali ada sesuatu yang membuat mereka berubah.
Perekaman Magnetic di Hard Drvies http://www.suite101.com/content/how-disk…
Pengukuran medan magnet berbasis komputer dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya medan magnet dan besarnya yang terukur. Dalam tugas akhir ini dibuat sebuah instrument untuk pengukuran medan magnet berbasis komputer pribadi dengan ADC0804CCN dan program Delphi 6. Pengukuran medan magnet konvensional suatu benda (obyek) dilakukan dengan menggunakan Gauss Meter. Sehingga diketahui besar medan magnet (dalam Tesla) suatu benda dalam waktu tertentu dan memerlukan ketelitian saat penginderaannya. Pengukuran medn magnet berbasis komputer memiliki kelebihan antara lain : rentang pengukuran waktu yang lama serta data perubahan medan magnet yang terjadi direkam setiap saat sehingga kita bisa mengetahui nilai medan magnet saat tertentu pada proses perubahan medan magnet. Instrument ini terdiri dari sensor medan magnet UGN 3503 keluaran Allegro, operasional amplifier OP71, ADC 0804CCN dengan prinsip antarmuka di port paralel komputer pribadi dan selanjutnya ditampilkan pada layar monitor dengan menggunakan program Delphi 6. Dalam program tersedia beberapa fasilitas antara lain : perekaman data perubahan medan magnet, perekaman data perubahan keluaran ADC, waktu pengukuran medan magnet, grafik perubahan medan magnet dan fasilitas bantuan. Dari pengukuran medan magnet dapat disimpulkan bahwa alat dapat mengukur medan magnet 0.3 sampai 7 Tesla dengan jalan memberikan perubahan besaran medan magnet dengan mengubah arus power suppli. Pengukur medan magnet kalibrator yang digunakan adalah Gauss Meter digital yang memiliki karakteristik pengukuran dari medan magnet dari -7 sampai 10 Tesla. Dalam hal ini pengukuran medan magnet memiliki korelasi antara medan magnet terukur dengan jarak sensor pengukur saat pengujian alat.
Latar Belakang
Berbagai sensor medan magnet telah banyak dikenal diantaranya adalah rangkaian induktor dan pada penelitian ini menggunakan sensor yang berwujud probe sebagai devais paling ujung untuk mengindra medan magnet dan mengubahnya menjadi tegangan yang proporsional dengan sensor. Probe medan magnet memiliki beberapa kelebihan antara lain kalibrasi langsung dalam skala tegangan miliVolt, mudah dalam pengkalibrasiannya, dan tegangan keluarannya menghasilkan tegangan 0 sampai 6 volt, berharga murah dan memerlukan konsumsi daya yang rendah (Datasheet Probe Hall Effect). Sensor medan magnet merupakan material piezoelectric yang bekerja ketika terdapat perubahan-perubahan energi atau daya yang menyaput permukaan dari sensor ini. Pada penelitian ini dibuat suatu rangkaian pengukur efek medan magnet dengan ADC 0804 dengan sensor medan magnet, penguat sensor dengan op-amp dengan program Delphi 6 dengan tampilan lebih informatif dengan penyimpanan data.
Perumusan Masalah
Dari paparan diatas perumusan masalah secara eksplisit adalah sebagai berikut:
Perancangan rangkaian pengukur efek medan magnet yang terdiri dari sensor, penguat sensor dan ADC 0804 serta komputer pribadi.
Karakterisasi pengukuran medan magnet dan kalibrasinya.
Pembuatan program pengukuran medan magnet dengan Delphi 6.
Pembatasan Masalah
Dalam penelitian ini sebagai batasan masalah adalah sebagai berikut:Sensor medan magnet yang digunakan hanya untuk mendeteksi magnet statis.
1.Sensor medan magnet memiliki batasan ukur minimal 2.25 Volt maksimal 2.75 Volt dengan Vcc 4-6 Volt (Datasheet Sensor).
2.Jarak pengukuran antara sensor dengan magnet kurang dari 1 centimeter.
3.Pengaruh medan magnet bumi terhadap sensor dalam hal ini diabaikan.
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah pembuatan suatu rangkaian pengukur medan magnet yang terdiri dari sensor, penguat sensor, ADC 0804 serta program Delphi 6 sebagai pengendali rangkaian pengukur dan komputer pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar